Friday, December 14, 2012

Mitsubishi Mirage andalkan fitur dan harga


Mitsubishi Mirage andalkan fitur dan harga
Mitsubishi Mirage Andalkan Fitur dan Harga
BEBERAPA hari menjelang dipamerkannya Mitsubishi Mirage di ajang Indonesia International Motor Show 2012, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengundang sejumlah wartawan untuk melihat langsung sosok city car baru andalan produsen mobil berlogo tiga berlian itu.

Perkenalan Mirage yang dilaksanakan di markas KTB di Jl Jenderal Ahmad Yani, Jakarta Timur, berlangsung sangat terbuka. Artinya, pihak KTB tidak lagi menutup-nutupi informasi seputar city car yang tengah ramai dibicarakan.

Direktur Marketing KTB Rizwan Alamsjah dalam sambutannya mengatakan bahwa kendaraan yang penjualannya di Indonesia ditargetkan sebanyak 1.000 unit per bulan tersebut didesain dengan memadukan konsep Eco, Easy & Fun to Drive dan Convenience.

City car yang mengusung tagline 'Rainbow Your Life !' ini akan hadir dalam tiga varian pilihan yaitu Mirage GLX dengan banderol harga Rp139 juta, Mirage GLS Rp152 juta dan Mirage Exceed yang dilabel seharga Rp165 juta dalam kondisi on the road Jabodetabek.

Seperti informasi yang dipaparkan oleh dua pereli kebanggaan nasional, Rifat Sungkar dan Subhan Aksa soal spesifikasi teknis, meskipun statusnya sebagai city car, Mitsubishi Mirage memiliki ruang kaki tebesar di kelasnya, yaitu 1.650 meter sehingga memberikan keleluasaan bagi pengemudi dan penumpang.

Walaupun ukurannya imut, Mirage dilengkapi sederet fitur canggih yang tidak ditemui pada kendaraan sekelasnya. Salah satunya adalah pengatur suhu kabin otomatis yan tersedia di seluruh varian Mirage sebagai fasilitas standar.

Di bagian meter cluster, terdapat layar LCD multi-information display (MID) yang mampu memberikan berbagai informasi standar seperti: odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata dan konsumsi bahan bakar aktual dan jarak tempuh yang bisa ditempuh dengan bahan bakar yang tersisa dalam tangki.

Hebatnya lagi, MID yang juga tersedia di semua varian Mirage ini memiliki fitur service remainder yang mengingatkan pengemudi ketika tiba saatnya untuk melakukan servis ke bengkel.

Yang tak kalah menariknya adalah KTB tidak membeda-bedakan fitur audio pada Mirage. Seluruhnya mengusung sistem audio AM/FM dan CD player dengan fitur USB port yang terintegrasi dengan dasbor sehingga nampak lebih berkelas.

Serupa dengan mobil berkelas buatan Eropa, Mirage dilengkapi fitu lane change turn signal yang secara otomatis akan berkedip tiga kali tanpa mengoperasikan tuas lampu sein secara penuh saat kita ingin pindah lajur jalan.

Kendaraan ini juga dilengkapi pengatur kecepatan wiper otomatis yang menyesuaikan diri dengan intensitas curah hujan.

Untuk memudahkan mendapatkan posisi mengemudi senyaman mungkin, kendaraan ini memiliki  jok dengan pengatur ketinggian dipadu tilt steering. Meskipun ini adalah fitur biasa, fitur ini umumnya hanya terdapat pada kendaraan jenis sedan menengah ke atas.

Untuk menopang kelincahannya menjelajah kepadatan lalu lintas, seluruh varian Mirage mengusung mesin tipe 3A92 1.2 liter tiga silinder DOHC MIVEC bertenaga 77 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 100 Nm pada 4.000rpm. Yang membedakan ketiga varian tersebut ada pada sistem transmisinya.

Khusus model entry level Mirage GLX, transmisinya menggunakan jenis manual 5-speed, sementara Mirage GLS dan Mirage Exceed, keduanya menggunakan transmisi jenis otomatis jenis Continuously Variable Transmission (CVT) INVECS III.

Mobil kecil berbobot kurang dari 900 kg ini dilengkapi suspensi MacPherson Strut coil spring di bagian depan dan torsion beam dengan coil spring di bagian belakang. Setingan suspensinya mampu memberikan radius putar kendaraan paling kecil di kelasnya yaitu 4,4 meter.

Bandingkan saja dengan Nissan March 4,5 meter, Kia Picanto 4,9 meter, Suzuki Splash 4,7 meter dan Chevrolet Spark 5.0 meter yang membuat Mirage lebih mudah bermanuver di lahan-lahan sempit.

Untuk urusan keselamatan, bodi Mirage mengusung teknologi RISE (reinforced impact safety evolution) yang mampu mengurangi dampak kerusakan kabin penumpang saat terjadi kecelakaan.  Selain airbag, ia juga dilengkapi sabuk keselamatan pretensioner yang mengencang ketika terjadi tabrakan. 
   
Sementara soal keamanan, Mirage dilengkapi KOS (keyless operating system) pada model Exceed dengan tombol engine start-stop plus fitur immobiliser. Sementara GLX dan GLS dibekali keyless entry. (OL-07)

0 comments:

Post a Comment